Jumat, 17 Agustus 2012

MERDEKA


Hari ini tanggal 17 Agustus 2012. Hari kemerdekaan Indonesia.

Pada hari ini biasanya diselenggarakan berbagai acara, mulai dari yang formal seperti upacara sampai ke yang informal seperti lomba balap karung. Hanya saja hari ini kebetulan umat Islam masih berpuasa, dan yang lebih berpengaruh, sebagian sedang dalam perjalanan mudik untuk Lebaran. Saya duga perayaan 17 Agustusan hari ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Atau mungkin ketidak-meriah-an acara 17 Agustusan ini karena orang Indonesia sudah tidak merasa penting lagi arti kemerdekaan?

Kemerdekaan. Independence. Kebebasan.  Kata-kata yang hilang maknanya. Kita tidak dapat merasakan maknanya sampai mereka hilang. Terus terang saya pun merasa demikian, sampai ketika mencoba memahami carut marutnya pengelolan perguruan tinggi. Saat ini otonomi – yang berarti kemerdekaan – perguruan tinggi nampaknya terberangus. Semua harus diatur oleh pemerintah. Perguruan tinggi dianggap bodoh dan harus diatur oleh pusat secara rinci.

Lho kok menjadi keluh kesah begini. Lupakan … Hari ini harusnya kita bergembira. Bersemangat! Ingat, kemerdekaan kita ini bukan sesuatu yang diberikan cuma-cuma. Kemerdekaan ini KITA REBUT dan KITA TEBUS dengan nyawa. Semoga kita tidak melupakan para pahlawan kita. Semoga Allah mengampuni segala dosa mereka dan mereka berada di tempat yang layak di alam sana. Amin.

Untuk sisi gembira hura-huranya apa ya? Hmmm… hari ini kok sepi-sepi saja ya?

Bagaimana perayaan 17 Agustusan di tempat Anda? Atau, perayaan 17 Agustusan kapan yang paling berkesan bagi Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar